You are here
Home > Aura Kesehatan & Kecantikan > 3 Jenis Metode pengobatan gurah

3 Jenis Metode pengobatan gurah

Pengobatan Gurah atau cara tradisional membersihkan rongga hidung dan tenggorokn dengan cara mengeluarkan lender.

Tujuan utama dari gurah adalah membersihkan rongga hidung dan tenggorokan dari lender-lendir yang disebabkan oleh proses produksi yang secara proses memang harus terjadi pada tubuh manusia.

Tetapi, manusia sebagai “Pengatur” karunia Tuhan itu diperkenankan untuk mengatur KaruniaNya. Artinya, ketika lender iru dirasa sudah mengganggu kesehatan hidung dan tenggorokan sehingga menggangu suara dan pernafasan, manusia dapat menguranginya.

Walau begitu, gurah pun banyak diminati oleh para kalangan professional sebagai penjajag ‘Suara’ seperti penyanyi, MC, penceramah, qori’, naupun juru penerangan.

Pengobatan Gurah sendiri terdiri dari 3 metode. Yaitu, gurah lalapan, gurah ramuan dan gurah sedotan.

Apa sajakah perbedaan dari 3 jenis metode pengobatan gurah tersebut? Berikut penjelasannya.

 

Pengobatan Gurah Lalap

Pemanfaatan gurah lalap bertujuan untuk mengurangi lender sekaligus menjernihkan suara. Caranya cukup sederhana. Ketika hari sudah sore hari, langit sudah memerah, petiklah daun muda (Pupus) daun awar-awar tujuh lembar.

Ketika hendak memetik, mengucapkan bacaan sebagai berikut “Bismillah Hirrohma Nirrohim. Aku tidak memeti suara daun awar-awar, melainkan memetik suara nabi Daud”.

Selanjtnya, pupuskan daun awar-awar itu dibungkusann dengan daun pisang (Jawa: di-pes) lalu diletakkan pada bara. Dengan diberi sedikit garam, lebih afdhol. Dalam keadaan ,masih hangat, pepesan daun muda awar-awar itu dimakan.

Pohon awar-awar ini memiliki ciri khas diantaranya daun lebar dan sering tumbuh pada lobang sumur yang sudah tua (tidak dimanfaatkan). Menurut orang-oranng tua, konon, jenis pohon ini memiliki tua tersendiri, mulai dari daun hingga kayunya apabila dipetik pada tanggal 1 muharram atau 1 sura.

 

Pengobatan Gurah Ramuan

Pembersihan lender dan menjernihkan suara, dapat juga dilakukan dengan meminum ramuan. Bahan-bahan yang digunakan adalah: Kayu legi, gula batu, gagang pohon sirih.

Ketiga bahan tersebut direbus dalam keadaan hangat, lalu diminum.

Sedangkan cara yang lebih sederhana, anda dapat gunakan tujuh lembar daun sirih yang direbus dengan air. Juga masih dalam keadaan hangat, rebusan air sirih itu diminum.

 

Pengobatan Gurah Sedotan (Cor)

Gurah Sedotan ini adalah gurah yang paling baik. Metodenya adalah dengan memasukkan cairan khusus pada kedua lobang hidung.

Dilihat dari sisi hasilnya, gurah jenis ini yang paling baik, karena dalam waktu singkat, seseorang merasakan secara langsunng proses keluarnya lender dari kerongkongan dan lobang hidungnya.

Gurah sedotan atau cor memang disertai rasa sakit yang bervariasi. Artinya, suatu jenis bahan dengan komposisi tertentu juga menimbulkan reaksi sakit (perih), bahkan, seorang pecandu rokok pun akan merasakan sakit yang lebih dibandiingkan orang yang tidak merokok atau bukan perokok berat.

Karena itu, seorang ahli gurah, sebelum melakukan gurahnya hendaklah melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pasiennya. Terutamanya tentang kebiasaan si pasien, apakah seorang perokok berat atau tidak, termasuk juga tentang penyakit-penyakit (fisik) yang sedang di derita oleh pasiennya.

Tentang bahan pokok yang dimanfaatkan untuk pengecoran lobang hidung dikalangan ahli gurah tidak ada keseragaman. Semua itu lebih tergantung pada masalah kesehatan yang ddiderita oleh pasien.

penyakit-tht

Tolong Dishare Ya...
Top